Home » Logo Vektor » Logo Terbaik Sepanjang Masa Menurut Kami
Logo Terbaik Sepanjang Masa dari Dewa Logo

Logo Terbaik Sepanjang Masa Menurut Kami

Membahas tentang logo terbaik sepanjang masa tentu harus mempertimbangkan banyak faktor di dalamnya. Mulai dari warna, bentuk, tipografi, skalabilitas, budaya, keunikan, relevansi merek, dan lain sebagainya. Faktor-faktor tersebut adalah bagian kecil ketika menilai suatu logo.

Logo yang baik tentu akan mudah dipahami oleh banyak orang serta memiliki karakter dan kreativitas yang tinggi. Sebab, logo merupakan perwakilan dari sebuah organisasi. Ketika orang melihat logo tersebut, mereka sudah tahu siapa dan apa yang dilakukan oleh organisasi tersebut.

Memang, tidak semua logo dinilai baik setelah pertama kali dirilis. Beberapa harus mengalami beberapa perubahan dan perjalanan panjang dulu sebelum diakui sebagai logo terbaik. Sementara beberapa lainnya, tetap mempertahankan desain awal hingga mendapatkan pengakuan sebagai logo terbaik setelah bertahun-tahun.

Jujur, memberikan gelar “logo terbaik sepanjang masa” sangat sulit karena banyaknya pilihan logo yang bagus. Meskipun demikian, kami tetap berusaha memberikan penilaian dan ulasan versi kami. Berikut adalah ulasan dari kami.

7 Logo terbaik sepanjang masa menurut kami

Logo terbaik seharusnya selaras dengan identitas merek organisasi atau perusahaan, mudah diingat, dan mudah dikenali. Keunggulan ini tidak dapat diraih dalam semalam atau dengan sekadar mengucapkan mantra “bim salabim”.

Diperlukan proses panjang, konsistensi, perjuangan, penerapan teknologi, serta penyesuaian dengan perkembangan zaman sebagai kunci untuk membuat logo mencapai tingkatan terbaik.

1. Nike

Sejarah Branding Nike dari

Hampir semua orang di dunia mengenal merek Nike ketika melihat Desain Swoosh yang menjadi ciri khas perusahaan ini. Desain tersebut diciptakan oleh Carolyn Davidson, seorang mahasiswa dari Portland State University, yang dibayar $35 pada tahun 1971.

Carolyn Davidson mengungkapkan bahwa simbol centang tersebut terinspirasi dari sayap dewi Yunani yang melambangkan kemenangan. Dia juga menjelaskan bahwa logo tersebut menciptakan kesan dinamis dan pergerakan mengarah ke depan.

Awalnya CEO Philip Knight mengakui bahwa dia tidak begitu menyukai desain tersebut. Namun dia percaya bahwa logo ini akan tumbuh dalam dirinya. Pada tahun 1984, perkataan Philip Knight menjadi kenyataan ketika Nike berhasil menjalin kerja sama dengan pebasket terkenal Michael Jordan dan meluncurkan produk baru, Nike Air Jordan.

Untuk menghargai pencapaian tersebut, Philip Knight tidak lupa kepada Carolyn Davidson yang menciptakan Desain Swoosh. Dia memberikan hadiah berupa cincin berlian dengan simbol Nike dan 500 lembar saham Nike sebagai ungkapan terima kasih.

Desain Swoosh telah mengalami banyak perubahan sejak pertama kali diperkenalkan. Sejak tahun 1995, Nike menghilangkan teks di logonya dan hanya mempertahankan simbol Swoosh sebagai identitas merek mereka. Beberapa orang juga menyebutnya dengan julukan “Solo Swoosh” untuk logo yang digunakan saat ini.

2. Amazon

Sejarah Branding Amazon

Amazon, dahulu terkenal sebagai perusahaan penjual buku online terbesar di dunia, kini telah berkembang menjadi raksasa yang mencakup komputasi awan, e-niaga, kecerdasan buatan, dan streaming digital. Perusahaan ini telah mengalami perubahan yang signifikan serta mengembangkan layanannya sehingga menjadi perusahaan raksasa seperti sekarang ini.

Seiring perkembangannya, mereka telah melakukan beberapa kali perubahan identitas merek sejak tahun 1995. Awalnya, logo Amazon hanya berupa huruf “A” dengan bentuk yang menyerupai sungai Amazon di tengahnya. Kemudian seiring perjalanan, desain tersebut berkembang menjadi ikonik seperti yang kita kenal sekarang ini.

Sejak tahun 2000 hingga saat ini, mereka tidak mengubah lagi simbol perusahaan mereka. Amazon konsisten mempertahankan tulisan “amazon” dengan tanda panah dari huruf A hingga Z. Tanda panah tersebut membentuk senyuman dan mengisyaratkan komitmen untuk melayani kebutuhanmu dari A sampai Z.

3. Coca-Cola

Sejarah Branding Coca-Cola

Coca-Cola diakui sebagai perusahaan yang berhasil menciptakan branding terbaik sepanjang masa menurut kami. Keberhasilan ini dibuktikan melalui penggunaan kaligrafi unik sebagai simbol, yang membuatnya tetap terkenal hingga kini.

Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1883 dan mengalami beberapa perubahan logo dari tahun 1890 hingga 2007. Selain melakukan perubahan pada simbol, mereka juga sempat mengubah nama menjadi Coke-Coke pada tahun 1985, sebelum kembali ke nama Coca-Cola pada tahun 1987.

Penting untuk dicatat bahwa logo yang digunakan sekarang sebenarnya tidak mengalami perubahan besar. Coca-Cola hanya kembali ke desain tahun 1940, di mana mereka hanya mengganti warna dari hitam menjadi merah tanpa merubah bentuknya sedikit pun.

4. Apple

Sejarah Branding dari Apple - Dewa Logo

Pada tahun 1976, salah satu pendiri Apple menggambarkan Sir Isaac Newton sedang duduk di bawah pohon apel sebagai logo perusahaan mereka. Namun, gambar tersebut sulit diuraikan hingga Steve Jobs masuk dan menyempurnakannya menjadi gambar berbentuk apel saja.

Mulai tahun 1977 hingga 1998, mereka mewarnai logo mereka dengan pelangi, mencerminkan semangat perusahaan yang telah memasuki era gambar digital berwarna dan dinamis. Namun, seiring berjalannya waktu, filosofi perusahaan berubah, lebih mengutamakan keanggunan dan desain yang minimalis.

Filosofi ini terbukti berhasil, dan Apple kini menjadi pionir dalam masalah keanggunan dan desain produk. Kehebatannya bahkan membuat banyak perusahaan teknologi meniru desain dan teknologi mereka. Beberapa orang bahkan menganggap Apple sebagai simbol kemewahan, dan seakan belum lengkap jika belum memiliki iPhone dari Apple, hehe.

Logo terbaik sepanjang masa dari Indonesia

Tak kalah dengan perusahaan dari luar, Indonesia juga punya loh beberapa perusahaan yang menurut kami mempunyai logo terbaik sepanjang masa. Lantas perusahaan apa saja itu? berikut ulasannya.

5. Pertamina

Pertamina adalah perusahaan minyak terbesar dari Indonesia yang didirikan pada tanggal 10 Desember 1957. Sebagai perusahaan besar milik negara, mereka sangat serius dalam hal branding. Terbukti pada tahun 2005, mereka mengeluarkan biaya sebesar US$ 225.000 atau sekitar 2 miliar rupiah pada saat itu untuk rebranding perusahaan.

Meskipun harganya tinggi, biaya tersebut tidak hanya untuk logo saja, tetapi juga untuk branding 30 aplikasi lainnya seperti kop surat, map, kartu nama, dan truk pengangkut bahan bakar.

Pertamina telah mengganti logo sebanyak 3 kali sejak tahun 1961 hingga 2005. Awalnya, mereka menggunakan gambar kuda laut dan bintang sebagai simbol perusahaan, disertai dengan tulisan “Pertamina”. Pada tahun 1968, mereka menambahkan sebuah kotak biru sebagai latar belakang.

Pada tahun 2005, tepat pada usia 48 tahun, Pertamina melakukan perubahan total untuk branding perusahaan mereka. Mereka merubah logo menjadi gambar menyerupai anak panah yang mewakili aspirasi Pertamina untuk maju dan progresif. Selain itu, simbol tersebut juga membentuk huruf “P” miring, yang merupakan huruf pertama dari kata “Pertamina”.

Adapun warna yang digunakan juga memiliki makna tersendiri. Untuk informasi lebih lanjut tentang makna warna tersebut, silakan kunjungi halaman resmi situs Pertamina.

6. Telkomsel

Sejarah Logo Telkomsel

Siapa yang tidak mengenal Telkomsel? Perusahaan ini merupakan anak usaha PT. Telkom Indonesia dan berada di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara. Sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar pertama di Indonesia dan keenam di dunia, Telkomsel telah mencatatkan prestasi yang mengesankan.

Telkomsel hanya sekali mengganti logo perusahaan, yaitu pada tanggal 18 Juni 2021 setelah eksis selama 25 tahun. Mereka mengubah simbol perusahaan menjadi lebih minimalis dan modern, serta menambahkan slogan #BukaSemuaPeluang yang sejalan dengan logo baru mereka.

Logo Telkomsel memiliki bentuk belah ketupat yang mencerminkan portal yang terbuka, dengan tambahan huruf “T” yang menggunakan font Batik Sans. Inspirasi dari batik menjadi elemen penting dalam rebranding perusahaan ini.

Menurut Telkomsel, batik adalah bagian dari budaya Indonesia yang selalu relevan dalam setiap fase kehidupan. Dengan perubahan ini, Telkomsel berharap bisa menjadi simbol kesiapan mereka menghadapi transformasi digital.

7. Logo Kami 😜

Jangan marah dulu ya! haha… Kami tahu kok kalian akan marah kalau mencantumkan logo kami sebagai yang terbaik sepanjang masa. Tapi, tak salahkan membanggakan rumah sendiri di bandingkan rumah orang lain?

Simbol kami berbentuk huruf “D” dan “L” yang di gabungkan menjadi satu, selain itu terdapat juga kotak di tengah sehingga membentuk trisula. Dimana trisula adalah simbol ini terinspirasi dari penguasa laut Poseidon (Neptunus) dalam mitologi yunani.

Kami berharap situs kami kuat dalam menghadapi setiap rintangan seperti Poseidon dan tetap hadir memberikan dampak positif untuk orang banyak. Selain itu terdapat juga 2 warna berbeda pada logo kami yang menggambarkan kami sebagai berikut :

  • Warna Biru Melambangkan air yang kita butuhkan saat merasa haus. Kami berharap situs kami menjadi sangat penting untuk kamu. Dimana saat kamu ingin mencari suatu logo, kamu langsung mengingat kami atau sekedar berkunjung untuk hiburan di lain waktu.
  • Warna Kuning (Orange) Terinspirasi dari Zeus dari mitologi yunani. Kami juga berharap Kami bisa menjadi yang tercepat dari segi informasi dan kecepatan situs secepat kilat Zeus.

Kesimpulan

Demikian ulasan dan uraian kami seputar Logo Terbaik Sepanjang Masa, kami sangat berharap artikel ini bisa menambah wawasan kamu dalam dunia desain grafis. Perlu kami ingatkan lagi artikel ini adalah pandangan pribadi kami dan bukan untuk tujuan menilai suatu produk atau perusahaan tertentu.

Terima Kasih!

Andre Gunawan

Selain memiliki hoby desain grafis, Aku juga suka menulis. Sehingga aku sering berbagi tulisan seputar dunia desain. Aku berharap setiap orang bisa menerima tulisan yang aku buat.

Post navigation

Leave a Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Pemblokir Iklan Terdeteksi!!!

Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan ekstensi untuk memblokir iklan. Tolong dukung kami dengan menonaktifkan aplikasi atau DNS pemblokir iklan ini.

 

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock