Home » Logo Vektor » Logo Institut Teknologi Bandung; Download PNG, AI, EPS, CDR
Logo Institut Teknologi Bandung

Logo Institut Teknologi Bandung; Download PNG, AI, EPS, CDR

Bahas Logo – Institut Teknologi Bandung merupakan tempat di mana Insinyur Soekarno menyelesaikan pendidikan tingginya. Sang Proklamator dan Presiden pertama Republik Indonesia ini mengambil jurusan teknik sipil pada tahun 1921 di Technische Hoogeschool te Bandung, yang sekarang dikenal sebagai ITB.

Selain itu, Bacharuddin Jusuf Habibie (lebih dikenal sebagai BJ Habibi) juga pernah berkuliah di Institut Teknologi Bandung. Habibi mengambil jurusan teknik mesin di ITB pada tahun 1954 sebelum akhirnya pindah ke RWTH Aachen, Jerman, untuk melanjutkan studi teknik penerbangan.

Setelah berdiri selama 65 tahun, Institut Teknologi Bandung telah melahirkan banyak orang jenius dan tokoh ternama di Indonesia. Selain itu, tentu saja perguruan tinggi ini memiliki beragam kisah di dalamnya, termasuk cerita di balik Logo Institut Teknologi Bandung itu sendiri.

Lalu, bagaimana sejarah dari logo perguruan tinggi ini? Berikut akan kita bahas…

Logo Institut Teknologi Bandung: Sejarah dan Makna

Awal mula sejarah kampus ini tercatat pada abad ke-20, ketika pada tanggal 3 Juli 1920, pemerintah kolonial Belanda mendirikan de Technice Hoogeschool te Bandung (TH). Pendirian kampus ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik yang semakin terbatas pada masa kolonial Belanda akibat pecahnya Perang Dunia I.

Pada waktu itu, hanya ada satu fakultas, yaitu de Afdeeling der Wegen Waterbouw, dan satu jurusan, yaitu de Faculteit van Technische Wetenschap. Hanya 28 orang yang terdaftar sebagai mahasiswa TH pada waktu itu, dan di antaranya hanya diisi oleh 2 orang Indonesia.

Lantas, bagaimana ceritanya gambar Ganesha di jadikan sebagai logo Institut Teknologi Bandung? Kisah lambang ITB diceritakan oleh AD Pirous dalam buku “Auran Biru – Catatan Para Pelaku Sejarah ITB,” yang diterbitkan pada Dies Emas 50 Tahun Institut Teknologi Bandung.

Beliau mendengar cerita tentang lambang ITB dari Ahmad Sadali, yang berasal dari S. Soemardja, seorang tokoh Seni Rupa Indonesia dan ITB.

Pirous menceritakan bahwa saat itu beberapa guru besar, di antaranya Prof. S. Soemardja, Prof. Ir. R.O Kosasih, dan Prof. Ir. Soetedjo, sedang berjalan-jalan di area kampus untuk mencari ide.

Meskipun sudah menjelajahi seluruh area kampus, mereka belum menemukan inspirasi. Meski telah mengamati setiap bangunan dan mengkaji sejarah awal berdirinya kampus tersebut.

Singkat cerita, akhirnya mereka mendapatkan inspirasi dari dua patung Ganesha yang berada di bawah jam gerbang kampus. Patung-patung tersebut merupakan hasil temuan arkeolog asing yang melakukan penggalian di situs candi di Jawa Tengah beberapa tahun sebelumnya.

Kemudian, para guru besar sepakat untuk mengembangkan patung Ganesha sebagai lambang dari ITB. Srihadi Soedarsono, seorang pelukis dari Fakultas Seni Rupa ITB, diamanatkan untuk mendesain logo Institut Teknologi Bandung.

Soedarsono kemudian dibantu oleh para asisten, hingga akhirnya tercipta lambang ITB yang kita kenal hingga saat ini.

Tidak ada referensi yang menyebutkan kapan logo tersebut selesai, namun yang jelas terdapat transisi penggunaan logo pada masa itu. Oleh karena itu, beberapa dokumen yang di cetak ITB tidak menampilkan logo, termasuk pada kartu Tanda Mahasiswa.

Makna Logo Institut Teknologi Bandung

Logo ITB mempunyai dua elemen utama, yakni Lambang Ganesa dan teks melingkar bertuliskan “Institut Teknologi Bandung”. Ganesa melambangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, mengandung unsur-unsur simbolik seperti berikut:

Gading yang patah melambangkan kerelaan berkorban dalam menuntut kemajuan ilmu pengetahuan;

Cawan melambangkan sumber ilmu yang tak habis-habisnya;

Tasbih, tali manik-manik melambangkan kebijaksanaan;

Kapak melambangkan keberanian dan kebijakan

Selendang yang disampirkan di pundak melambangkan kesucian; dan

Buku yang terbuka melambangkan himpunan ilmu pengetahuan.

Setiap elemen dalam Identitas Visual ITB diprioritaskan menggunakan warna khusus yang disebut Warna Biru ITB (Deep Cobalt Blue) dengan kombinasi warna C:100, M:70, Y:0, K:0.

Tinta cetak khusus pada logo menggunakan TC:TC 3108, PANTONE: 2728 CVC. Warna ini dipilih karena melambangkan wibawa, mencerminkan kedalaman ilmu pengetahuan, dan mencakup keluasan wawasan.

Jenis huruf yang digunakan untuk Institut Teknologi Bandung adalah Palatino Bold.

Download Logo Institut Teknologi Bandung PNG

Institut Teknologi Bandung telah meraih akreditasi “Unggul” dari BAN-PT, sementara beberapa jurusan juga mendapatkan sertifikasi internasional dari lembaga-lembaga terkemuka seperti ASIIN, IABEE, JABEE, ABET, ABEST21, KAAB, dan RSC.

Saat ini, kami menyediakan logo berkualitas vektor Institut Teknologi Bandung dalam format PNG, AI, EPS, dan CDR yang dapat diunduh untuk keperluan tugas, proyek, atau kebutuhan lainnya. Panduan Penggunaan Logo (Brand Guidelines) juga tersedia.

Semoga informasi yang kami sampaikan tidak hanya memberikan dampak positif, tetapi juga membuka pintu luas menuju wawasan yang menginspirasi. Selain itu, kami juga telah menerbitkan artikel tentang logo universitas lain seperti lambang Universitas Pertahanan. Silahkan dibaca!

Rospita

I have interest in business, article writing, and entrepeneur. I enjoy working in a team and always looking for ways to improve the quality of my work. I am also interest in joining an innovative and results-oriented company. Let's create a new journey!

Post navigation

Leave a Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Logo MNC Play Vektor CDR, AI, EPS, PNG

Logo Mitsubishi PNG, CDR, AI, EPS; Sejarah dan Evolusi

Logo Bolt! Vektor CDR, AI, EPS, PNG

Logo Universitas Presiden; Download PNG, AI, EPS, CDR